TUGAS 10 MANAJEMEN PENJUALAN
I. PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Pemasaran hubungan
Tujuan
Dapat memahami fungsi dan kegunaan
II. ISI ---------------------------------------------------------------------------------
III. PENUTUP -------------------------------------------------------------------------
IV. REFERENSI -----------------------------------------------------------------------
MINGGU 10
TUGAS 10
II. ISI
PEMASARAN HUBUNGAN
Pemasaran hubungan ialah proses mengidentifikasikan dan menciptakan nilai dengan pelanggan individu dan berbagi manfaat sepanjang masa.
Prinsip penjualan pribadi dan negoisasi yang dijelaskan sajauh ini berorientasi pada transaksi karena tujuannya ialah menutup penjualan tertentu. Tetapi dalam banyak kasus, perusahaan tersebut tidak mencari penjualan langsung, melainkan membangun hubungan pemasok pelanggan jangka panjang.
Mereka lebih menyukai pemasok yang dapat menjual dan mengirimkan beberapa produk dan layanan yang terkoordinasi ke berbagai lokasi, yang dapat dengan cepat memecahkan masalah yang timbul di tempat-tempat yang berbeda dan yang dapat bekerja erat eengan tim pelanggan untuk meningkatkan produknya.
Sumber: buku manajemen pemasaran jilid 12 (philip kottler dan kevin lane keller)
PEMASARAN HUBUNGAN MELIPUTI
a. Pemahaman :
Dimulai dari perusahaan
b. Fokus :
Didapat aktivitas yang diperuntukkan
c. Mengelola :
Bermitra dengan pelanggan mewujudkan manfaat bersama
DASAR-DASAR PEMASARAN HUBUNGAN
a. Partnership
Partnership maupun kemitraan menunjukkan kepada pandangan perusahaan akan pentingnya melibatkan stakeholder kepada program yang sedang dilaksanakan.
b. Policy
Kebijakan perusahaan menjadi dasar dari pada program pemasaran hubungan. Perusahaan senantiasa menerapkan kebijakan dimana seluruh departemen mejadi pemasar.
PEMASARAN HUBUNGAN TERHADAP PELANGGAN
Merupakan strategi yang mengarah kepada aktivitas pemasaran yang diarahkan untuk membentuk, mengembangkan dan mempertahankan hubungan secara sukses. Selain itu juga pemasaran hubungan terhadap pelanggan mempunyai fungsi yaitu ; harapan dan persepsi terhadap kinerja setelah pelanggan menggunakan dan mendapatkan pelayanan, kepuasan pelanggan merupakan modal dasra bagi perusahaan dalam membentuk loyalitas pelanggan. Besarnya pengaruh pemasaran hubunungan terhadap pelanggan terhadap loyalitas adalah sebesar 58,1%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Sehingga dapay disimpulkan bahwa morelasi antara pemasaran hubungan pelanggan dengan loyalitas pelanggan adalah kuat dan memilik hubungan yang positif.
Penjualan Personal
Perusahaan perlu terus menerus memberikan pelatihan terhadap salespersonnya. Mencapai target penjualan yang ditetapkan. Agar salesperson dapat bekerja secara efektif, maka perlu memeperhatikan prinsip-prinsip atau aspek-aspek dalam penjualan personal. Prinsip-prinsip dalam penjualan personal antara lain profesionalisme, keterampilan negoisasi, dan relationship.
II. PENUTUP / KESIMPULAN
Kesimpulan nini salah satu strategi penjualan yang digunakan u ntuk mengkomunikasikan informasi mengenai produk atau jasa secara langsung kepada konsumen. Dalam penjualan personal antara lain profesionalisme, keterampilan negoisasi, dan relationship.
III. REFERENSI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar