Jumat, 06 April 2012

TUGAS 2 MANAJEMEN PENJUALAN


TUGAS 2 MANAJEMEN PENJUALAN

I.          PENDAHULUAN

       Latar Belakang Masalah

Pesan periklanan

       Tujuan

Memilih pesan periklanan

II.        ISI ---------------------------------------------------------------
III.      PENUTUP -------------------------------------------------------
IV.       REFERENSI -----------------------------------------------------

MINGGU 2
TUGAS 2

II.       ISI

PESAN PERIKLANAN

Pesan periklanan Menurut Bovee (1996 : 141) ialah ide atau berita yang dikomunikasikan atau yang disampaikan kepada audience melalui media iklan.
Adapun yang harus diperhatikan dalam penyusunan pesan periklanan ialah :
a.  Isi pesan :

Komunikator harus memperhitungkan apa yang harus disampaikan kepada khalayak sasaran supaya mendapat tanggapan yang diinginkan. Dalam menentukan isi pesan yang baik, perlu adanya daya tarik yang unik, iyaitu :
-        Daya tarik rasional untuk membangkitkan kepentingan diri audience yang menunjukan bahwa produk tersebut akan menghasilkan manfaat.
-        Daya tarik emosional yang positif atau negatif yang akan memotivasi audience.
Contoh daya tarik positif seperti humor, cinta, dan kebahagiaan. Sedangkan contoh daya tarik negatif seperti rasa takut, rasa bersalah dan malu.
-        Daya tarik moral lebih diarahkan pada perasaan audience tentang apa yang benar dan apa yang baik.

b.  Struktur pesan :

Keefektifan suatu pesan tergantung pada struktur dan isinya. Struktur iklan yang baik ialah dapat memberi pernyataan dan mebiarkan pembaca dan pemirsa menarik kesimpulan sendiri.

c.  Format pesan :

Format pesan yang dibuat komunikator harus menyolok. Bila disiarkan melalui televisi maka semua elemen tersebut ditambah dengan bahasa tubuh yang direncankan.

d.  Sumber pesan :

Dampak pesan yang dirasakan oleh khalayak juga dipengaruhi oleh penerimaan khalayak terhadap pengirim pesan.
Adapun tiga faktor yang mempengaruhi kreditibilitas sumber pesan ialah :
-        Keahlian
Merupakan suatu pengetahuan khusus yang nampak dimiliki oleh komunikator yang mendukung pesan yang disampaikan.

-        Sifat terpercaya
Dihubungkan khalayak dengan seberapa objektif dan jujurnya sumber tersebut menurut khalayak.

-        Sifat disukai
Merupakan daya tarik sumber pesan dimata khalayak.

GAYA DALAM PELAKSANAAN PESAN PERIKLANAN :
a.  Menjual langsung (straight sell) : Gaya ini langsung tertuju pada informasi produk.
b.  Potongan kehidupan (slice of life) : Gaya ini didasarkan pada pendekatan pemecahan sehari-hari.
c.   Gaya hidup (life  style) : gaya ini menekankan bagaimana suatu produk sesuai dengan gaya hidup.
d.  Khayalan (fantasy) : gaya ini menciptakan fantasi disekitar produk tersebut atau penggunanya.
e.  Suasana / citra (mood or image) : gaya ini menciptakan pendekatan yang membangkitkan suasana atau citra disekitar produk yang menciptakan sebuah sugesti.
f.    Kepribadiaan : gaya ini menciptakan sebuah karakter yang menjadi personifikasi produk tersebut. Karakter bisa berbentuk orang.
g.  Keahlian teknis : keahlian teknis menciptakan pendekatan keahlian, pengalaman dan kebanggaan perusahaan dalam memproduksi produknya dengan teknik yang akurat.
h.  Bukti ilmiah : bukti ilmiah ini menciptakan pendekatan dengan menyajikan bukti survei ilmiah atau laboratorium untuk memperkuat bukti kualitas sebuah produk.
i.    Bukti kesaksian : bukti kesaksian seorang personal saat menggunakan produk dan memberikan komentar pengalamannya pada khalayak umum.
III.    PENUTUP / KESIMPULAN

Pesan periIklanan bisa diterima oleh masyarakat dan masyarakat mengerti apa yang dimaksud oleh produsen, selain itu bisa memberikan informasi tentang produk.

IV.      REFERENSI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar