Jumat, 13 April 2012

TUGAS 5 MANAJEMEN PENJUALAN


TUGAS 5 MANAJEMEN PENJUALAN

I.           PENDAHULUAN

       Latar Belakang Masalah

1.    Tujuan dan strategi penjualan

       Tujuan

1.    Dapat menetukan tujuan dan strategi penjualan

II.         ISI ------------------------------------------------------------------
III.      PENUTUP -------------------------------------------------------------
IV.        REFERENSI -----------------------------------------------------------

MINGGU 5
TUGAS 5

II.         ISI

TUJUAN DAN STRATEGI PENJUALAN

Tujuan penjualan

Tujuan penjualan dinyatakan dalam volume penjualan. Tujuan ini dapat dipecah berdasarkan penentuan volume penjualan yang ingin dicapai berdasarkan per wilayah operasi atau per salesperson di dalam suatu wilayah operasi.
Tujuan operasi juga biasanya dinyatakan dalam target gross margin, tingkat pengeluaran maksimum atau pencapaian tujuan tertentu seperti merebut pelanggan pesaing.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan penjualan :
1.   Kondisi dan kemampuan penjual
Transaksi jual beli atau pemindahan hak milik secara komersial atas barang dan jasa pada prinsipnya melibatkan dua pihak yaitu, penjual sebagai pihak pertama dan pembeli sebagai pihak kedua :
a.    Jenis dan karakteristik barang yang ditawarkan.
b.    Harga produk.
c.    Syarat penjualan seperti : pembayaran, penghantaran, pelayanan sesudah penjualan, garansi.
2.   Kondisi pasar
Pasar sebagai kelompok pembeli atau pihak yang menjadi sasaran dalam penjualan. Adapun faktor-faktor :
a.    Jenis pasarnya.
b.    Kelompok pembeli atau segmen pasarnya.
c.    Daya belinya.
d.    Frekuensi pembelian.
e.    Keinginan dan kebutuhan.

Cara mencapai tujuan penjualan :

1)  Gerak cepat (speed)
Kita harus membiasakan diri untuk gerak cepat. Saat ini perkembangan teknologi, globalisasi dan internet. Oleh karena itu sebaiknya kita harus bisa menatisipasinya dan bisa cepat dan tepat.
2)  Buat perencanaan dan tujuan yang jelas
Kita harus mengetahui apa dan bagaimana rencana serta tujuan kita.
3)  Berkompetisi
Kompetisis akan menjadi sebuah pemicu atas sebuah dorongan kita sebagai seorang sales person untuk bergerak dan melangkah.
4)  Kreatif dan inovasi
Seorang sales person harus memiliki banyak cara dan selalu mencoba ide-ide baru tentang cara bagaiamana menembus pasar yang ditujunya.
5)  Fleksibel dan adaptif
Kita harus pintar dalam melihat peta kemampuan diri kita sendiri, orang lain atau kompetitor.
6)  Bekerja sama
Apabila rasa kita sudah tidak bisa lagi bekerja sama maka tidak ada salahnya kita bergabung atau melibatkan dengan pihak lain.


Strategi penjualan

Strategi penjualan ialah memindahkan posisi pelanggan ke tahap pembelian (dalam proses pengambilan keputusan) melalui penjualan tatap muka.


MASALAH-MASALAH YANG HARUS DIATASI DALAM STRATEGI PENJUALAN :

a.    Apakah penekanan diutamakan pada mempertahankan pelanggan saat ini atau menambah pelanggan yang ada.
b.    Keputusan tersebut ditentukan oleh lamanya wraniaga berurusan dengan pelanggan pertumbuhan, kekuatan dan kelemahan perusahaa, kekuatan pesaing dan tujuan pemasaran.
c.    Meningkatkan produktivitas wiraniaga. Pemanfaatan biaya tinggi, kemajuan teknologi dan teknik penjualan inovatif banyak menguntungkan pemasar dalam hal memproduktifkan sumber-sumber armada penjualannya.
d.    Untuk mengatasinya, penyusun strategi penjualan perlu mengetahui dan menentukan kapan dan siapa yang harus berhubungan dengan pelanggan organisasi, serta menganalisi situasi untuk menentukan siapa yang harus dihubungi pelanggan organisasi.
III.      PENUTUP / KESIMPULAN

Tujuan ini dapat dipecah berdasarkan penentuan volume penjualan yang ingin dicapai berdasarkan per wilayah operasi atau per salesperson di dalam suatu wilayah operasi. Sedangkan Strategi penjualan ialah memindahkan posisi pelanggan ke tahap pembelian (dalam proses pengambilan keputusan) melalui penjualan tatap muka.

IV.        REFERENSI




Tidak ada komentar:

Posting Komentar