Selasa, 10 April 2012

TUGAS 3 MANAJEMEN PENJUALAN


TUGAS 3 MANAJEMEN PENJUALAN

I.           PENDAHULUAN

       Latar Belakang Masalah

1.    Media periklanan
-      Jenis media
-      Sarana media
-      Waktu media
-      Geografis media

       Tujuan

1.    Memutuskan media periklanan

II.          ISI ------------------------------------------------------------------
III.        PENUTUP -------------------------------------------------------------
IV.         REFERENSI -----------------------------------------------------------

MINGGU 3
TUGAS 3

II.         ISI

MEDIA PERIKLANAN
Ialah, segala sarana komunikasi yang dipakai untuk mengantarkan dan menyebar luaskan pesan-pesan iklan.

KARAKTERISTIK MEDIA PERIKLANAN

a.     Above The Line

Media cetak
Menurut Rhenald Khasali (1995;999) media cetak ialah, suatu media yang statis dan mengutamakan pesan-pesan visual.
Fungsi utama media cetak ialah, member informasi dan menghibur.

Adapun keunggulan media cetak :

1.    Surat kabar
Market coverage, surat kabar dapat menjangkau daerah-daerah perkotaan sesuai dengan cakupan pasar.
2.    Comparsion shopping
Keuntungan kedua menyangkut kebiasaan konsumen membawa surat kabar sebagai referensi untuk memilih barang sewaktu belanja.
3.    Positive consumer attitudes
Konsumen umumnya memandang surat kabar memuat hal-hal actual yang perlu segera diketahui khalayaknya pembaca.
4.    Flexibility
Pengiklanan dapat bebas memilih pasar mana yang akan diprioritakan.

Majalah
Adapun keunggulan majalah :
1.    Khalayak sasaran salah satu keunggulan majalah jika dibandingkan dengan media lainnya adalah kemampuannya menjangkau segmen pasar tertentu yang terspesialisasi.
2.    Penerimaan khalayak, adalah kemampuan mengangkat sasaran terhadap prestise majalah yang bersangkutan.
3.    Long life span, majalah adalah media yang memiliki usia edar paling panjang dari seluruh media yang ada. Selain itu, majalah juga memiliki khalyak umumnya disimpan hingga bertahun-tahun sebagai referensi.
4.    Kualitas visual, majalah sangat prima karena umumnyan dicetak diatas kertas berkualitas tinggi. Kebanyakan majalah dapat menyajikan tata warna, reproduksi warna.

Media televisi
Adapun keunggulan nedia televisi :
1.    Efisiensi biaya, banyak pengiklanan memandang televisi sebagai media yang paling efektif untuk menyampaikan pesan-pesan komersialnya. Salah satunya ialah menjangkau khalayak sasaran sangat luas.
2.    Dampak yang kuat, keunggulannya ialah kemampuannya menimbulkan dampak yang kuat terhadap konsumen, dengan tekanan pada sekaligus dua indera yaitu penglihatan dan kuat terhadap konsumen.

Media radio
Seperti majalah, radio adalah media yang memilik jangkauan selektif terhadap segmen pasar tertentu.
Adapaun keunggulan media radio :
1.    Menjangkau jumlah khalayak sasaran yang besar pada waktu yang bersamaan.
2.    Menjangkau individu atau kelompok masyarakat yang hidp terpencil dan terpencar-pencar seperti kehidupan masayrakat agraris pada umumnya.
3.    Cepat menyampaikan pesan sehingga dapat memberikan informasi yang berguna.
4.    Mengatasi berbagai kendala geografis.
5.    Mudah dimengerti, tidak memerlukan kemampuan membaca yang memang belum banyak dimiliki rakyat banyak.

Media luar ruang
Ialah, seperti papan reklame.
Pengiklanan papan reklame merupakan media yang fleksibel dan murah.

Adapun keunggulan media luar ruang :
1.    Fleksibilitas
2.    Pengulangan paparan yang tinggi
3.    Biayanya rendah
4.    Persaingannya juga rendah

b.    Blow The Line

Yang termasuk media lini bawah antara lain :
-      Promosi penjualan
-      Sponsor
-      Direct mail
-      Pameran-pameran
Adapun keunggulan media ini :
1.    Audiens terpilih
2.    Fleksibilitas
3.    Tidak ada iklan dalam media yang sama
4.    personalisasi


III.      PENUTUP / KESIMPULAN

Media periklanan digunakan untuk mempromosikan atau menyebar luaskan pesan-pesan seperti iklan.
Media periklanan ini bisa melalui surat kabar, reklame-reklame, televisi, ataupun pada saat pameran.

IV.        REFERENSI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar