Senin, 28 November 2011

TUGAS 7 KEWIRAUSAHAAN 2 (minggu 7)


TUGAS 7 KEWIRAUSAHAAN 2

       I.          PENDAHULUAN

·       Latar Belakang Masalah

Manajemen Pemasaran

·       Tujuan

Menjelaskan, menganalisis tentang manajemen pemasaran secara virtual

     II.          ISI...................................................................................................................................

    III.          REFERENSI....................................................................................................................

  IV.          PENUTUP......................................................................................................................

·       Kritik
·       Saran


MINGGU 7
TUGAS 7

II.              ISI

1.      Manajemen pemasaran ?

Manajemen Pemasaran adalah salah satu kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, untuk berkembang, dan untuk mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sejak sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan (Dharmmesta & Handoko, 1982).

Secara definisi, Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler, 1980).

Sebagai falsafah bisnis, konsep pemasaran bertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan berorientasi kepada kebutuhan konsumen. Hal ini secara asasi berbeda dengan falsafah bisnis terdahulu yang berorientasi pada produk, dan penjualan.
Konsep Pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan (Stanton, 1978).

Tiga unsur konsep pemasaran:
  1. Orientasi pada Konsumen
  2. Penyusunan kegiatan pemasaran secara integral
  3. Kepuasan Konsumen

2.      Riset Pemasaran ?

Rata-rata anggaran untuk kegiatan riset pemasaran adalah 1-2% dari total sales. 50%-80% anggaran dikeluarkan untuk kegiatan riset langsung, sedang sisanya untuk membeli jasa riset dari biro riset.

Tiga jenis desain riset pemasaran :
a.      Riset Eksploratoris
Tujuan untuk memberikan pemahaman atau gagasan tentang masalah yang dihadapi.
b.      Riset Deskriptif
Tujuan untuk menggambarkan karateristik pasar (konsumen)
c.       Riset Kausal
Tujuan untuk menentukan hubungan sebab-akibat dari suatu fenomena pemasaran
 

3.      Hubungan Pemasaran ?
Hubungan pemasaran yaitu,  proses menciptakan, memelihara, dan meningkatkan hubungan erat yang semakin lama semakin bernilai dengan pelanggan dan pihakpihak yang berkepentingan.
Mengacu kepada kata ‘hubungan’ maka sangat banyak hubungan yang dapat diwujudkan oleh pemasar ataupun perusahaan. Morgan dan Hunt menjelaskan jenis-jenis hubungan antar perusahaan dengan pelanggan yang meliputi: pemasok, rekanan strategis, karyawan, klien, dan hubungan lain sesuai dengan kefungsian perusahaan. Hubungan demikian didasarkan kepada perspektif saling membutuhkan sebagaimana dikembangkan dalam ilmu sosial. Sementara itu, Lacobucci and Hibbard menjelaskan   tiga bentuk hubungan yaitu; 1) bussiness marketing relationship (BMR), 2)  interpersonal commersial relationship (ICR), dan 3) bussiness to customer relationship (BCR).
Lantas dimana posisi hubungan dengan pelanggan (customer relationship)?.  Adapun pelanggan dalam kaitan ini adalah harta (equity), sehingga dalam konteks ini pelanggan mengandung tiga aspek.
a.      Value equity. Pelanggan senantiasa mempertimbangkan nilai daripada  barang dan jasa yang disampaikan oleh perusahaan.
b.      Brand equity. Subjektivitas pelanggan dalam hal ini muncul karena kesadaran dan perilakunya atas merek dan perusahaan penyedia barang dan jasa.
c.       Retention equity. Tendensi pelanggan untuk bertahan dengan merek barang dan jasa tertentu.

Sumber : http:// johannessimatupang.files.wordpress.com

III.            REFERENSI

IV.           PENUTUP
Kritik :
Dalam memasarkan produk kita harus sesuai dengan mutu dari produk tersebut dan tidak menyimpan dari ketentuan atau spesifikasi produk tersebut.
Saran :
Dalam memasarkan produk tersebur harus di beri penjelasan sedetail mungkin kegunaan dan manfaat dari produk tersebut.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar