Senin, 28 November 2011

TUGAS 6 KEWIRAUSAHAAN 2 (minggu 6)



TUGAS 6 KEWIRAUSAHAAN 2


       I.          PENDAHULUAN

·       Latar Belakang Masalah

Kreatif dan Inofasi

·       Tujuan

Menjelaskan kreatif dan inovatif secara virtual

     II.          ISI...................................................................................................................................

    III.          REFERENSI....................................................................................................................


  IV.          PENUTUP......................................................................................................................

·       Kritik
·       Saran

MINGGU 6
TUGAS 6

II.              ISI

1.      Kreativitas ?

Kemampuan menemukan hubungan-hubungan baru, kemampuan melihat sesuatu dari sudut pandang baru, kemampuan membentuk kombinasi baru.



2.      Proses pemikiran kreatif ?

·       Tahap persiapan : Seorang pemikir atau creator memformulasikan masalahnya dan mengumpulkan semua fakta dan data yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah yang kadang-kadang meski telah lama berkosentrasi pemecahan masalah belum juga muncul.
·       Tahap inkubasi : Pemikir mengalihkan perhatian dari persoalan yang sedang dihadapinya berarati telah dimana tahap ini ide-ide yang mencampuri dan mengganggu cenderung menghilang.
·       Tahap iluminasi : Pemikir mengalami insight atau tiba-tiba muncul pemecahan masalah muncul dengan sendirinya.
·       Tahap evaluasi : Evaluasi yang dilakukan setelah adanya pemecahan masalah dengan tujuan untuk menilai sudah tepat atau belum, apabila belum maka kembali lagi ke tahap awal.
·        Tahap revisi : Apabila cara permasalahan telah tepat atau mungkin perlu penyesuaian dan perbaikan-perbaikan maka pada tahap revisi ini perbaikan masalah agar menjadi lebih tepat.



3.      Mengembangkan kreatifitas ?

1. Jangan Takut untuk mencoba hal baru
Sebaiknya kita memiliki rasa yang ingin tahu, karena dengan rasa ingin tahu yang kita miliki maka rasa untuk mencoba hal yang baru akan lebih mudah, Hal-hal yang baru membuat kita akan lebih bisa meningkatkan kreatifitas,

2. Percaya Diri
Apabila kita ingin menggali kreatifitas kita kita sebaiknya memiliki jiwa yang selalu confident (PD), dengan rasa PD, maka kita nantinya dapat melalukan hal-hal baru dengan mudah tanpa adanya rasa takut salah atau takut jelek, dsb.

3. Berdoa
Dengan usaha yang kita lakukan, tanpa diiringi dengan doa kita tidak dapat melakukannya, kesuksesan yang besar di nilai dari usaha dan doa yang kita lakukan.



4.      Inovasi ?

Merupakan Suatu kreasi, pengembangan dan implementasi suatu produk, proses ataupun layanan baru dengan tujuan meningkatkan efisiensi, efektifitas ataupun keunggulan bersaing. Inovasi juga bisa berarti memunculkan gagasan baru dan dapat direalisasikan ke dalam penerapannya.  Inovasi dapat diterapkan pada  produk, layanan, proses manufaktur, proses manajerial atau desain sebuah organisasi. Inovasi seringkali dalam bentuk produk atau layanan apabila hasil inovasi tersebut dutujukan untuk memuaskan kebutuhan konsumen.



III.            REFERENSI


IV.           PENUTUP

Kritik :

Dalam mengembangkan kewirausahaan sebaiknya menggunakan ide-ide yang kreatif dan inovatif untuk mencari konsumen. Bukan mengikuti produk wirausaha yang telah ada.

Saran :

Sebaiknya membuat usaha yang kreatif dngan inovasi baru. Kalaupun ingin membuka usaha yang sedang trend, kembangkan konsep yang sudah ada. Sehingga ada nilai lebih dibanding wirausaha lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar