Kamis, 08 Desember 2011

TUGAS 12 KEWIRAUSAHAAN 2 (minggu 12)


TUGAS 12 KEWIRAUSAHAAN 2


       I.          PENDAHULUAN

·       Latar Belakang Masalah

Mempertahankan jiwa kewirausahaan
·       Tujuan

Menjelaskan bagaimana mempertahankan jiwa kewirausahaan

     II.          ISI...................................................................................................................................

    III.          REFERENSI....................................................................................................................

  IV.          PENUTUP......................................................................................................................

·       Kritik
·       Saran


MINGGU 12
TUGAS 12

II.              ISI

1.      Terminologi kewirausahaan (Intrapreneurship) ?

Beberapa tahun belakangan ini topik intrapreneurship semakin popular. Dari sekian banyak masih ada kekeliruan dalam memahami konsep yang mendasari intrapreneurship tersebut. Kebanyakan definisi yang ada menyebutkan bahwa intrapreneurship tidak lepas dari aktivitas-aktivitas entrepreneurial yang sesuai dengan persetujuan organisasi dan komitmen sumber daya untuk tujuan inovatif. Pada dasarnya pokok tujuan intrapreneurship adalah mengembangkan semangat entrepreneurial dalam ikatan organisasi, sekaligus menciptakan iklim guna tercapainya kesejahteraan.
·        Intrapreneur : Seorang entrepreneur di dalam sebuah organisasi yang telah ada. Biasanya dilakukan karena organisasi tersebut telah tumbuh besar dan kurang fleksibel.
·        Intrapreneurship : Kebiasaan mengembangkan bisnis baru di dalam struktur organisasi yang ada (Stoner, 1995)
·        Entrepreneur
Orang yang berusaha mendirikan usaha baru/organisasi baru 

 
2.      Kebutuhan akan sifat kewirausahaan dalam organisasi ?

Banyak perusahaan menyadari akan pentingnya sifat kewirausahaan dalam organisasinya (Peter dan Waterman dalam bukunya A Passion of Excellence).
Kebutuhan akan kewirausahaan semakin meningkat dikarenakan munculnya permasalahan seperti :
1. Semakin banyak pesaing yang mempunyai keunggulan.
2. Ketidakpercayaan akan metode-metode tradisional dalam manajemen.
3. Banyak SDM berpotensi hengkang dan lebih memilih menjadi wirausaha.

3.      Hambatan yang terjadi ?

Hambatan-hambatan yang biasanya dialami oleh perusahaan adalah tidak efektifnya penerapan teknik tradisional manajemen pada pengembangan suatu bidang baru. Pemahaman tentang hambatan-hambatan tersebut merupakan hal yang penting dalam membantu perkembangan kewirausahaan perusahaan mengingat hal tersebut merupakan kunci dasar penumbuhan iklim inovasi.
Faktor-faktor yang mendukung utuk tercapainya keberhasilan inovasi-inovasi menurut James Brian Quinn (1995) adalah :
1. Iklim inovasi dan visi
2. Orientasi pasar
3. Organisasi yang tetap datar dan kecil
4. Proses belajar interaktif

4.      Elemen spesifikasi strategi intrapreneurship ?

Memperhatikan pertimbangan-pertimbangan berikut ini :
1. Perusahaan yang mempromosikan pertumbuhan pegawai akan dapat merekrut orang-orang yang memiliki kemampuan terbaik.
2. Tantangan di era tahun 2000-an ini adalah pelatihan kembali para manajer untuk menjadi guru, pelatih dan mentor.
3. Orang-orang dengan kemampuan terbaiknya mencari perusahaan terbaik yang menyediakan program bonus.
4. Wewenang manajemen akan degantikan oleh suatu jaringan, dicirikan oleh koordinasi dan dukungan horizontal.
5. Intrapreneurship dalam korporasi memperbolehkan seorang pegawai.
6. Mendapatkan kepuasan dari pengembangan ide-idenya tanpa resiko meninggalkan perusahaan.
7. Perusahaan-perusahaan besar mengambil pelajaran dari bisnis kecil dan belajar bagaimana bisa fleksibel, mendorong inovasi, serta membakar semangat pegawainya.

5.      Penghapusan mitos tentang intrapreneurial ?

Ada kesamaan mendasar antara entrepreneur dengan intrapreneur. Akibatnya mitos-mitos keliru tentang entrepreneur menulari juga intrapreneur.
Mitos : motivasi utama dari seorang entrepreneur (intrapreneur) adalah keinginan untuk kemakmuran, karenanya uang adalah tujuan utama.
Kenyataan : motivasi utama dari entrepreneur (intrapreneur) adalah proses inovasi : kebebasan dan kemampuan adalah motivasi utama, uang hanya sebuah alat dan symbol kesuksesan.
Mitos : entrepreneur adalah pengambil resiko tinggi – mereka adalah penjudi yang memainkan taruhan besar.
Kenyataan : wirausaha adalah seorang yang realistis dengan mengambil resiko menengah. Karena ia memperhitungkan resiko yang dihadapi

6.      Analisis kasus kewirausahaan di tempat kerja (intrapreneurship) ?

Intrapreneurship umumnya dimulai dari karyawan dalam sebuah organisasi yang mempunyai sebuah ide bisnis atau inovasi. Mereka (yang mempunyai ide bisnis) dapat mengemukakan ide bisnis mereka pada direktur. Direktur kemudian memisahkan dia dari core perusahaan dan memberikan sumber daya untuk melaksanakan idenya. Jadi singkatnya “Intrapreuneur” adalah implementasi sifat entreupreneurship yang dilakukan oleh seorang pekerja dalam sebuah perusahaan.



III.            REFERENSI



IV.           PENUTUP

KRITIK :

Dalam mengembangkan usaha kita hrus membina kerja sama dengan mitra kerja.

SARAN :

Harus serius dan berhati-hati dalam mengelola perusahaan dan kita harus memperhatikan perkembangan dunia usaha diluar.





Rabu, 07 Desember 2011

TULISAN 10 - 11 KEWIRAUSAHAAN 2 (MINGGU 10 DAN 11)


MINGGU 10 - 11
TULISAN 10 -11

TULISAN 10 - 11 KEWIRAUSAHAAN 2
PUISI

Dan seorang perempuan yang menggendong bayi dalam dekapan dadanya berkata, Bicaralah pada kami perihal Anak.

Dan dia berkata:
Anak-anakmu bukanlah anak-anakmu
Mereka adalah anak-anak kehidupan yang rindu akan dirinya sendiri
Mereka dilahirkan melalui engkau tapi bukan darimu
Meskipun mereka ada bersamamu tapi mereka bukan milikmu

Pada mereka engkau dapat memberikan cintamu, tapi bukan fikiranmu
Karena mereka memiliki fikiran mereka sendiri
Engkau bisa merumahkan tubuh-tubuh mereka, tapi bukan jiwa mereka
Karena jiwa-jiwa itu tinggal di rumah hari esok, yang tak pernah dapat engkau kunjungi meskipun dalam mimpi
Engkau bisa menjadi seperti mereka, tapi jangan cuba menjadikan mereka sepertimu
Karena hidup tidak berjalan mundur dan tidak pula berada di masa lalu

Engkau adalah busur-busur tempat anakmu menjadi anak-anak panah yang hidup diluncurkan
Sang pemanah telah membidik arah keabadian, dan ia merenggangkanmu dengan kekuatannya, sehingga anak-anak panah itu dapat meluncur dengan cepat dan jauh.
Jadikanlah tarikan tangan sang pemanah itu sebagai kegembiraan
Sebab ketika ia mencintai anak-anak panah yang terbang, maka ia juga mencintai busur teguh yang telah meluncurkannya dengan sepenuh kekuatan.




Pengarang: Kahlil Gibran


TUGAS 10 - 11 KEWIRAUSAHAAN 2 (minggu 10 dan 11)

TUGAS 10 - 11 KEWIRAUSAHAAN 2


       I.          PENDAHULUAN

·        Latar Belakang Masalah

Pembuatan proposal dan studi kelayakan

·        Tujuan

Menjelaskan dan lancar dalam pembuatan proposal dan studi kelayakan

     II.          ISI...................................................................................................................................

    III.          REFERENSI....................................................................................................................


  IV.          PENUTUP......................................................................................................................

·        Kritik
·        Saran


MINGGU 10 -11
TUGAS 10 -11

II.              ISI

1.      Pengertian proposal bisnis ?

Proposal bisnis merupakan sebuah cara untuk melangkah menuju proses bisnis profesional. Karena dengan adanya kehadiran pihak eksternal dalam bisnis yang kita jalankan, maka kita tidak akan  bisa berbuat seenaknya dalam pengelolaan bisnis tersebut.
 Ada beberapa hal yang biasanya di detailkan dalam proposal bisnis:
1. Penjabaran mendetail mengenai tujuan utama dari si penulis kepada pembacanya.
2. Penjabaran mendetail mengenai proses bagaimana mencapai tujuan si penulis kepada pembacanya.
3. Penjabaran mendetail mengenai hasil dari proses yang telah dijabarkan diatas sehingga mencapai tujuan yang diinginkan oleh si penulis dan juga si pembaca.
2.      Manfaat proposal bisnis ?
a.      Sebagai sebuah media untuk menciptakan proses bisnis yang lebih tertata secara profesional. Baik dalam sistem manajemen, maupun dalam hal pengelolaan.
b.      Proposal kerjasama menjadi acuan bagi setiap pihak yang terlibat dalam kerjasama untuk peran mereka masing-masing. Sehhingga denngan demikian tidak akan terjadi perselisihan di kemudian hari.
c.       Proposal kerjasama digunakan sebagai alat untuk meningkatkan prospek bisnis.
d.      Proposal kerjasama akan mendorong seseorang untuk lebih bertanggung jawab dalam mengelola bisnisnya.
3.      Apek-aspek dalam proposal bisnis ?

a.      Target revenue (yang dapat diukur, biasanya kuantitas)
b.      Target pasar (siapa yg mau jadi sasaran bisnis)
c.       Marketing (how to sell, jualan, how to get pelanggan)
d.       Planning ( how to get the target)
§  Target per periode
§  Tune(ing)
§  Marketing
§  Action per periode / momen
§  Action dadakan / spesial
§  Budget
e.       Bussiness intelligent
f.       Human Resource
4.      Menyusun proposal usaha dan studi kelayakannya, serta mencoba mempraktekannya ?
a.      Dengan disusunnya proposal usaha merupakan pernyataan inisiatif calon wirausaha untuk membuka usaha.
b.      Dengan disusunnya proposal usaha merupakan fokus tujuan yang akan dicapai bagi personil-personil yang ada dalam perusahaan.
c.       Dengan disusunnya proposal usaha dapat mengundang orang-orang atau pihak-pihak tertentu yang potensial untuk bergabung dan bekerja sama dalam usaha.
d.      Dengan disusunnya proposal usaha dapata digunakan untuk mengatur kerja sama dengan perusahaan lainnya.
Sumber : modul kewirausahaan. Penerbit CV. HAKA MJ
5.      Presentasi proposal bisnis ?

Menjelaskan dan menerangkan mengenai isi dari proposal tersebut.

III.            REFERENSI

4.      Sumber : modul kewirausahaan. Penerbit CV. HAKA MJ

IV.           PENUTUP

KRITIK :
Membuat proposal harus jelas, tujuan dan keperluan

SARAN :
Dalam membuat proposal kita jangan lupa harus mempertimbangkan tujuan dan sarannya dalam rencana ke depan untuk mengembangkan perusahaan.