Rabu, 07 Desember 2011

TUGAS 10 - 11 KEWIRAUSAHAAN 2 (minggu 10 dan 11)

TUGAS 10 - 11 KEWIRAUSAHAAN 2


       I.          PENDAHULUAN

·        Latar Belakang Masalah

Pembuatan proposal dan studi kelayakan

·        Tujuan

Menjelaskan dan lancar dalam pembuatan proposal dan studi kelayakan

     II.          ISI...................................................................................................................................

    III.          REFERENSI....................................................................................................................


  IV.          PENUTUP......................................................................................................................

·        Kritik
·        Saran


MINGGU 10 -11
TUGAS 10 -11

II.              ISI

1.      Pengertian proposal bisnis ?

Proposal bisnis merupakan sebuah cara untuk melangkah menuju proses bisnis profesional. Karena dengan adanya kehadiran pihak eksternal dalam bisnis yang kita jalankan, maka kita tidak akan  bisa berbuat seenaknya dalam pengelolaan bisnis tersebut.
 Ada beberapa hal yang biasanya di detailkan dalam proposal bisnis:
1. Penjabaran mendetail mengenai tujuan utama dari si penulis kepada pembacanya.
2. Penjabaran mendetail mengenai proses bagaimana mencapai tujuan si penulis kepada pembacanya.
3. Penjabaran mendetail mengenai hasil dari proses yang telah dijabarkan diatas sehingga mencapai tujuan yang diinginkan oleh si penulis dan juga si pembaca.
2.      Manfaat proposal bisnis ?
a.      Sebagai sebuah media untuk menciptakan proses bisnis yang lebih tertata secara profesional. Baik dalam sistem manajemen, maupun dalam hal pengelolaan.
b.      Proposal kerjasama menjadi acuan bagi setiap pihak yang terlibat dalam kerjasama untuk peran mereka masing-masing. Sehhingga denngan demikian tidak akan terjadi perselisihan di kemudian hari.
c.       Proposal kerjasama digunakan sebagai alat untuk meningkatkan prospek bisnis.
d.      Proposal kerjasama akan mendorong seseorang untuk lebih bertanggung jawab dalam mengelola bisnisnya.
3.      Apek-aspek dalam proposal bisnis ?

a.      Target revenue (yang dapat diukur, biasanya kuantitas)
b.      Target pasar (siapa yg mau jadi sasaran bisnis)
c.       Marketing (how to sell, jualan, how to get pelanggan)
d.       Planning ( how to get the target)
§  Target per periode
§  Tune(ing)
§  Marketing
§  Action per periode / momen
§  Action dadakan / spesial
§  Budget
e.       Bussiness intelligent
f.       Human Resource
4.      Menyusun proposal usaha dan studi kelayakannya, serta mencoba mempraktekannya ?
a.      Dengan disusunnya proposal usaha merupakan pernyataan inisiatif calon wirausaha untuk membuka usaha.
b.      Dengan disusunnya proposal usaha merupakan fokus tujuan yang akan dicapai bagi personil-personil yang ada dalam perusahaan.
c.       Dengan disusunnya proposal usaha dapat mengundang orang-orang atau pihak-pihak tertentu yang potensial untuk bergabung dan bekerja sama dalam usaha.
d.      Dengan disusunnya proposal usaha dapata digunakan untuk mengatur kerja sama dengan perusahaan lainnya.
Sumber : modul kewirausahaan. Penerbit CV. HAKA MJ
5.      Presentasi proposal bisnis ?

Menjelaskan dan menerangkan mengenai isi dari proposal tersebut.

III.            REFERENSI

4.      Sumber : modul kewirausahaan. Penerbit CV. HAKA MJ

IV.           PENUTUP

KRITIK :
Membuat proposal harus jelas, tujuan dan keperluan

SARAN :
Dalam membuat proposal kita jangan lupa harus mempertimbangkan tujuan dan sarannya dalam rencana ke depan untuk mengembangkan perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar